Majalah Salam Indonesia

Tol Jagorawi Satu Tarif, Diharapkan Urai Kemacetan

67

SALAM-INDONESIA.com – DALAM UPAYA mengantisipasi kemacetan yang setiap hari terjadi di Gerban Tol (GT) Cibubur Utama dan GT Cimanggis, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mulai Jumat (8/9) pukul 00.00 WIB memberlakukan satu tarif untuk Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) dengan besaran untuk golongan I jauh-dekat Rp 6.500.

Perubahan tarif ini juga mengacu Kepmen PUPR Nomor 692/KPTS/M/2017 tentang Penetapan Tarif dan Perubahan Sistem Transaksi Pembayaran Tol pada Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), tertanggal 31 Agustus 2017.

Kepmen tersebut berisi tentang perubahan dari sistem terbuka dan tertutup Tol Jagorawi menjadi sistem terbuka saja, sehingga pengguna tol dari arah Jakarta menuju Ciawi maupun dari arah sebaliknya hanya membayar satu kali dengan tarif sama baik jarak dekat maupun jauh.

Dengan sistem ini pengguna tol ke arah Jakarta membayar pada pintu masuk tol (on ramp) dan yang ke arah Bogor pembayaran dilakukan di pintu keluar tol (off ramp). Dengan demikian pada dua gerbang tol (GT) yang ada di dalam ruas tol tersebut, yakni GT Cibubur dan GT Cimanggis Utama tidak ada lagi transaksi.

Menurut Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani, pengurangan 2 gerbang tetsebut tol untuk mengurangi kemacetan antrian kendaraan seperti yang dilakukan pada tol ruas Jakarta-Tangerang. “Seperti yang kita lakukan di ruas Jakarta-Tangerang dan Tangerang-Merak. Diharapkan ini bisa mengurangi kemacetan di GT Cibubur Utama dan GT Cimanggis yang selama ini mengekor panjang,” katanya di Jakarta, Kamis (7/9) sore.

Dirinya berharap pasca-perubahan sistem transaksi dapat mengurai kepadatan Jalan Tol Jagorawi karena simpul kepadatan di GT Cimanggis Utama dan GT Cibubur Utama dihilangkan sehingga lalu lintas terdistribusi di beberapa titik.

Namun berdasarkan pantauan tim Salam Indonesia, sejak pagi mulai jam kerja, antrain masih terjadi di depan GT Cimanggis dan GT Cibubur Utama lantaran banyak pengguna jalan tol yang belum mengetahui kebijakan baru tersebut sehingga tetap melambatkan kendaraannya. (**)

Berikut tarif baru tol di Jagorawi

Gol. I : Rp. 6.500

Gol. II : Rp. 9.500

Gol. III : Rp. 13.000

Gol. IV : Rp. 16.000

Gol. V : Rp. 19.500

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.