Majalah Salam Indonesia

Ternyata Minum Kopi dan Teh di Bulan Puasa Bikin Tenggorokan Cepat Kering

108

SALAM-INDONESIA.com- MENGHITUNG HARI, bulan Ramadan akan segera tiba. Sudah banyak orang yang mulai mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci tersebut. Tak hanya sebatas pada persiapan rohani, persiapan fisik pun perlu dilakukan.

Selama bulan Ramadan, umat Muslim di seluruh dunia akan berpuasa yang artinya tidak makan dan minum dari waktu sahur hingga berbuka. Tentu menahan rasa lapar dan haus bukan hal yang mudah terlebih di awal puasa karena butuh adaptasi.

Dilansir dari Emirates247, selama berpuasa tubuh kehilangan cairan yang dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat menimbulkan efek samping seperti sembelit, sakit kepala, pusing, kelelahan, dan kulit kering.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda membutuhkan minuman sehat setelah atau saat berbuka. Minumlah secara teratur, paling tidak delapan gelas per hari, dari waktu berbuka hingga sahur guna memenuhi kebutuhan cairan.

Tapi bukan sembarang minuman, anda disarankan untuk minum air mineral atau air putih. Tapi jangan minum air es ketika berbuka puasa. Alih-alih menghilangkan rasa haus, es malah bisa membuat pembuluh darah berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan. Minumlah air pada suhu kamar atau sedikit dingin.

Selain itu, sebisa mungkin hindari teh, kopi, dan minuman berkafein lainnya. Minuman-minuman tersebut mengandung kafein yang dapat menghilangkan kadar air. Dengan begitu Anda akan merasa cepat haus. Hal ini tentu membuat puasa semakin berat. (put)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.