Majalah Salam Indonesia

Soal mudik identik dengan Kepadatan Tol, ini kata Menhub!

108

SALAM-INDONESIA.comMENTERI PERHUBUNGAN Budi Karya Sumadi meminta pemudik tidak selalu menggunakan jalan tol. Cara ini bisa mencegah kepadatan kendaraan di tol.

“Tol Jakarta- Surabaya harus beri pengarahan, mudik tidak harus pakai tol. Kalau terjadi, tidak mungkin kejadian Brexit akan terjadi dan bisa terjadi di Jawa Barat atau Jawa Timur,” kata Budi dalam pengarahan persiapan angkutan lebaran provinsi Jatim di Hotel JW Marriot Surabaya, Sabtu (9/6/2018).

Menurutnya, ada jalan nasional yang bisa digunakan untuk mudik. Dengan begitu, penumpukan kendaraan di tol tidak terjadi. Selain itu, Budi mengimbau pemudik tidak menggunakan motor. Sebab banyak kecelakaan dengan korban mayoritas pemotor.

“Kami memang tidak bisa melarang karena itu hak pemudik untuk mudik. Tapi kami imbau gunakan angkutan bus lebih baik,” tambahnya.

Untuk memantau kelancaran arus mudik, jajaran Kemenhub ditegaskan Budi akan tetap bekerja. Sejumlah pejabat juga diminta ke daerah melihat kondisi arus mudik. “Hari ini semua pihak libur, tapi kami Kemenhub sepakat tidak libur bahkan eselon I,II, III, IV saya tugaskan ke daerah yang berpotensi padat,” ujar Budi. (put)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.