Majalah Salam Indonesia

Selain Membuat Masak Jadi Mudah, Ketahui juga Bahaya Pakai Wajan Anti Lengket

108

SALAM-INDONESIA.com- LAPISAN ANTI lengket sangat cocok untuk membalik pancake, menggoreng telur atau memasak makanan halus yang mudah menempel pada wajan atau panci. hampir semua ibu rumah tangga menggunakan panci dan wajan anti lengket untuk memasak sehari-hari di rumah.

Namun, bahan pelapis anti lengket, seperti Teflon menimbulkan kontroversi. Beberapa orang mengklaim bahwa bahan tersebut berbahaya dan terkait dengan kondisi kesehatan seperti kanker. Sementara yang lain bersikeras bahwa memasak dengan alat masak anti lengket benar-benar aman.

Berbagai alat masak anti lengket, seperti wajan atau penggorengan, telah dilapisi dengan bahan yang disebut polytetrafluoroethylene (PTFE), yang umumnya dikenal sebagai Teflon.

Teflon adalah kimia sintetis yang terdiri dari atom karbon dan fluor. Ini pertama kali dibuat pada 1930-an, dan menyediakan permukaan yang tidak reaktif, anti lengket dan hampir tanpa gesekan.

Permukaan anti lengket membuat peralatan masak berlapis Teflon nyaman digunakan dan mudah dibersihkan. Ini juga membutuhkan sedikit minyak atau mentega, menjadikannya cara yang sehat untuk memasak dan menggoreng makanan.

Selain itu, Teflon juga digunakan untuk membuat pelapis kawat dan kabel, kain dan pelindung karpet, dan kain tahan air untuk pakaian luar seperti jas hujan.

Namun, menggunakan peralatan masak anti lengket ternyata menimbulkan khawatiran tersendiri. Kekhawatiran ini muncul karena zat kimia yang disebut asam perfluorooctanoic (PFOA), yang sebelumnya digunakan untuk memproduksi peralatan masak anti lengket, diduga memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Lalu, apakah aman jika memasak dengan peralatan masak anti lengket?  Sekarang ini, semua produk Teflon bebas PFOA. Oleh karena itu, efek kesehatan paparan PFOA tidak lagi menjadi masalah. Namun, PFOA digunakan dalam produksi Teflon hingga tahun 2013. (put)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.