Majalah Salam Indonesia

Sambut Ekonomi Digital

121

SALAM-INDONESIA.com –  SELURUH PENGGUNA ponsel pasti pernah mendapat SMS penipuan yang modusnya meminta tolong. Model pesan lainnya juga banyak beredar, seperti mengajak Anda mengambil hadiah sebagai pemenang undian, lalu meminta Anda mengirim sejumlah uang.

Sebab itu, pemerintah berupaya melindungi masyarakat dari kejahatan siber dengan kebijakan registrasi nomor handphone. setiap pemilik kartu prabayar diwajibkan untuk meregistrasi nomornya berdasarkan nomor induk kependudukan (NIK) dan kartu keluarga (KK).

Menurut Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ahmad Ramli, publik antusias untuk mendaftarkan nomornya. Hingga Selasa (7/11/2017) pukul 12.00 WIB, jumlah kartu prabayar yang telah teregistrasi mencapai 46.559.400 nomor.

“Ini menunjukkan antusiasme publik yang luar biasa sekaligus menangkal isu bahwa registrasi ini hanyalah hoaks,” jelas Ramli saat diskusi Forum Merdeka Barat 9 di Kantor Kementerian Kominfo, Selasa (7/11/2017)

Kebijakan tersebut termasuk dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi yang telah diperbarui dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 21 Tahun 2017. Lantas, apakah proses registrasi itu aman dari penyalahgunaan data?

Sementara itu, Ketua Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Merza Fachys mengatakan, pada 2005 lalu kebijakan registrasi data diri bagi pemilik kartu seluler telah dilakukan dengan mendaftarkan nama dan alamat tempat tinggal.

“Bedanya, dahulu masyarakat bisa dengan mudah mengaktifkan kartu seluler walaupun namanya diisi yang aneh-aneh dan tetap diterima sistem. Sekarang sudah tidak bisa,” ucapnya.

Dengan adanya kewajiban registrasi tersebut, maka data sekitar 360 juta nomor seluler di Indonesia menjadi dapat tervalidasi secara akurat. Indonesia tengah bersiap menyongsong legitnya industri digital beberapa tahun lagi. Geliat itu sudah mulai terasa di Tanah Air dengan menjamurnya berbagai usaha rintisan. (PUT)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.