Majalah Salam Indonesia

Proyek Palapa Ring Harus dikebut

143

SALAM-INDONESIA.comPEMERINTAH SAAT ini tengah mengerjakan proyek infrastruktur telekomunikasi ke seluruh wilayah Indonesia. Proyek yang dinamakan Palapa Ring ini, akan menyambungkan seluruh wilayah Indoensia dengan kabel fiber optik.

Pemimpin Asosiasi Jasa Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), Joseph Lembayung, menilai proyek ini harus dikebut oleh pemerintah demi mendorong ekonomi masyarakat di daerah.

“Kita lihat dewasa ini bisnis jual-beli baik barang maupun jasa online bisa dilakukan dari rumah,” ujar dia dalam keterangannya, Rabu (8/11/2017).

Jika nanti proyek ini rampung, masyarakat daerah bisa melakukan belanja online layaknya masyarakat di perkotaan. Dengan begitu, ini akan berdampak untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Menurut data APJII, saat ini penetrasi infrastruktur pita lebar akses jaringan internet kecepatan tinggi yang bergerak (mobile broadband) jaringan 4G secara nasional telah menjangkau 57,97 persen kabupaten dan kota.

Sementara, untuk infrastruktur pita lebar jaringan internet kecepatan tinggi yang tetap (fixed broadband) hingga akhir 2015 secara nasional baru menjangkau 400 kabupaten dan kota.

Dari data tersebut, lebih spesifik lagi, 62,35 persen pengguna internet di Indonesia lebih sering mengakses internet di rumah dibandingkan di tempat umum atau kantor.

Sementara itu, praktisi dan pengamat informasi, komunikasi, dan teknologi, Hermawan Sutanto, juga menilai percepatan pengembangan infrastruktur internet di Indonesia sudah selayaknya didorong untuk meningkatkan daya saing nasional.

“Sebagai perbandingan, kecepatan rata-rata internet di Indonesia adalah 6,4 Mbps, masih jauh dari kecepatan pita lebar di Korea yang memimpin dengan 26,3 Mbps. Ini memperlihatkan daya saing kita masih di bawah Korea,” tuturnya.

Menurut dia, jika kecepatan data internet bertambah, manfaat positif akan sangat dirasakan tidak hanya di sektor ekonomi melainkan juga di sektor pendidikan. **

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.