Majalah Salam Indonesia

Peggy Melati Sukma; Tren dan Kebutuhan

38

SALAM-INDONESIA.com – TIDAK BISA DIPUNGKIRI, saat ini banyak muslimah yang memilih untuk bekerja. Apakah dirinya bekerja untuk mengikuti trend atau untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun yang pasti, pilihan muslimah bekerja juga harus sesuai dengan ketentuan dan syariat. Agar hasil pendapatan yang diperoleh dapat menjadi berkah bagi dirinya dan keluarganya.

Mantan artis sinetron Peggy Melati Sukma berbicara pada Talkshow Hijrah Menuju Cinta Ilahi beberapa waktu lalu di Jakarta, mengatakan, dari tahun ke tahun makin banyak wanita yang bekerja baik di kantor maupun luar kantor.

Mengapa ? “Karena saat ini banyak wanita  yang ikut mencari nafkah untuk keluarga.  Wanita  tidak wajib mencari nafkah, wanita boleh bekerja, namun semuanya ada ketentuannya,’ katanya.

Lebih lanjut Peggy menjelaskan jika wanita mencari nafkah berangkat pagi pulang malam, sementara keluarganya telantar maka hal tersebut tidak dianjurkan. “Yang wajib mencari nafkah adalah lelaki. Tidak boleh untuk mengejar karier, istri sampai melalaikan suami dan keluarganya.

“Istri bekerja membantu rezeki keluarga tentunya boleh. Namun harus tetap menjaga kodratnya,  sebagai wanita tidak boleh bekerja membahayakan dirinya khususnya rahim maupun kandungan, itu tidak boleh,” tandas pemain sinetron Gerhana ini.  Patut dicatat, terdapat beberapa hal yang juga harus dipatuhi bagi seorang seorang muslimah yang memilih bekerja. Karena akan menjadi haram jika mengandung

tiga hal yang bertantangan dengan nilai syari. Yakni, berduaan antara laki-laki dan wanita, terbukanya aurat wanita, serta ada persentuhan anggota badan antara laki-laki dan wanita. Namun, hukum haram ini tidak berlaku untuk mereka yang berprofesi sebagai dokter. Sementara beberapa kriteria pekerjaan yang diperbolehkan, diantaranya, ;

  1. Pekerjaan yang tidak termasuk perbuatan maksiat dan yang bisa mencoreng kehormatan keluarga.
  2. Pekerjaan yang tidak mengharuskan muslimah berduaan dengan laki-laki asing (bukan muhrim).

Pekerjaan yang tidak mengharuskannya berdandan secara berlebihan, serta membuka auratnya saat keluar rumah. (**)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.