Majalah Salam Indonesia

Manfaat Es Cincau untuk Kesehatan

162

SALAM-INDONESIA.com- SIAPA YANG tidak suka dengan Es Cincau? minuman yang satu ini pernah menjadi favorit banyak orang. Apalagi jika bulan puasa, untuk persiapan berbuka, biasanya minuman es cincau menjadi hidangan wajib, dan banyak sekali yang menjualnya dimana-mana.

Namun seiring berjalannya waktu, eksistensi minuman ini mulai menurun, dikarnakan banyaknya minuman kekinian yang lebih variatif dari segi rasa dan tampilannya, sehingga membuat es cintau tak lagi menjadi primadona. Padahal selain enak untuk minuman menyegarkan, cincau kaya manfaat kesehatan.

Dr. Rita Ramayulius, DCN, M. Kes., yang merupakan ahli gizi dari Persatuan Gizi Indonesia (Persagi), mengatakan, daun cincau asli memiliki efek mendinginkan tubuh.

“Saat organ pencernaan suhunya sedang meningkat atau panas pada saat tertentu maka menyebabkan luka pada organ pencernaan atau yang biasa disebut panas dalam,” kata Rita

Cincau, sambungnya, memiliki manfaat menetralkan suhu di organ pencernaan. Jadi, sangat baik di konsumsi ketika seseorang kurang cairan, aktivitas tinggi, dan suhu tubuh sedang tidak seimbang.

“Cincau memberi efek mendinginkan yang sangat baik. Namun perlu dicatat, yang memberi manfaat hanyalah cincau asli tanpa campuran bahan kimia,” jelasnya.

Adapun efek negatif yang timbul ketika minum cintau itu tidak ada. Kecuali bila diolah menggaunakan campuran kimia berbahaya atau diminum ketika sudah menjadi olahan minuman yang mengadung banyak bahan berisiko yang menyebabkan timbulnya penyakit.

Cincau yang terbuat dari bahan campuran berbahaya, efeknya akan menimbukan diare. Termasuk berisko juga jika diolah menjadi minuman es yang tinggi gula. Efek es dan gula akan negatif ke tubuh.

“Ada orang yang usil membuat cincau menggunakan bahan kimia adiksi sebagai tambahan untuk mengentalkan atau untuk membuat hijau ditambahkan perwarna. Itu yang berbahaya, makanya sebagai konsumen kita harus cerdas memilih minuman,” bebernya. (put)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.