Majalah Salam Indonesia

KUR, Aplikasi Layanan untuk Petani Telah Diluncurkan

116

SALAM-INDONESIA.comPEMERINTAH MELALUI PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk membuat aplikasi bernama logistik tani (loktan). Aplikasi tersebut berfungsi membantu perbankan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tepat sasaran ke petani yang membutuhkan.

Aplikasi tersebut telah diluncurkan di 9 daerah, yakni kabupaten Indramayu, Karawang, Purwakarta, Majalengka, Sumedang, Cianjur, Garut, Ciamis, dan Tasikmalaya sejak tanggal 7 Juni 2018.

Di dalam aplikasi tersebut terdapat data seorang petani seperti nomor induk kependudukan (NIK) hingga profil sosial. Dengan begitu, perbankan bisa mengetahui setiap calon Peserta KUR tersebut.

“Digitalisasi sistem pertanian ini dasarnya platform ada data-data petani ada profil, NIK, ada profil sosial apakah dia pemilik lahan sekaligus penggarap, atau hanya sewa,” katanya di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (9/7/2018).

“Jadi data itu bisa membantu penyaluran KUR yang dilakukan bank-bank himbara,” sambungnya.

Lebih lanjut, David memaparkan aplikasi tersebut juga berfungsi untuk memberikan data terkait jumlah dan waktu produksi pertanian sehingga membantu data lebih terintegrasi.

“Didukung lagi di aplikasi sisi loktan lalu serap gabah untuk mendukung itu jadi dengan adanya loktan datanya terintegrasi sehingga datanya valid. Data lahannya di setiap kecamatan lahan-lahan itu kita maping kan antara petani dan lahannya jadi validasi sangat tinggi,” terangnya.

David menjelaskan pengajuan KUR oleh petani dilakukan dengan menggunakan smartphone. Namun, saat ini pengaplikasian tersebut masih sulit dilakukan petani sehingga masih membutuhkan pegawai dinas untuk membantu akses. (put)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.