Majalah Salam Indonesia

Kuliner Tak Hanya soal Rasa

131

SALAM-INDONESIA.com- TIDAK DISANGKAL, kuliner merupakan salah satu produk kebudayaan dari sebuah negara, yang mana sebenarnya kuliner khas suatu negara sejatinya bisa menjadi media “soft diplomacy” untuk promosi negara itu sendiri.

Sebab, makanan jika dipandang lebih luas lagi bukan cuma soal rasa tapi juga soal kebudayaan. Lalu bagaimanakah dengan masakan asli khas Indonesia sendiri? Benarkah makanan Indonesia sudah benar-benar populer di kancah internasional, seperti yang selama ini digadang-gadangkan dan jadi anggapan banyak orang awam?

Ternyata, tidak begitu menurut salah seorang sosok pakar kuliner senior ternama di Indonesia, William Wongso. Menurut sahabat karib mendiang Bondan Winarno ini, makanan Indonesia sejatinya belum mendunia.

“Makanan Indonesia belum mendunia, makanan itu kan bukan cuma soal rasa tapi soal budaya juga. Masak enggak cukup tanpa mengetahui budaya soal makanan. Lihat coba deh sekarang makanan Vietnam,” ungkap William kala ditemui Okezone dalam acara “Peluncuran Buku Cita Rasa Indonesia Ekspresi Kuliner William Wongso” baru-baru ini di kawasan Sudirman, Jakarta.

Lebih lanjut, William mengungkapkan bahwa jika dibandingkan dengan Vietnam, Indonesia bisa dibilang tidak memiliki market yang masif. Lalu kondisi ini ditambah dengan situasi di mana masyarakatnya kurang memiliki keterlibatan terhadapa kuliner Indonesia itu sendiri. (put)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.