Majalah Salam Indonesia

JK : Ummat Harus Jaga Masjid Dari Kaum Radikal

124

SALAM-INDONESIA.com- ANCAMAN RADIKALISME masih menghantui kawasan Asia Tenggara. Indonesia juga tidak luput dari ancaman tersebut. Sehingga perlu peran ummat Islam dalam menjaga tempat ibadah seperti masjid dari pengaruh kaum radikal.

“Kita menjaga, jangan tiba-tiba masjid itu menjadi radikal, menjadi provokatif," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat membuka Muktamar ke-7 Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, kemarin.

Dalam masalah ini, lanjut JK, dirinya tidak berbicara mengenai isi ceramah yang harus disampaikan di dalam sebuah Masjid.

“Sekali lagi saya tidak bicara tentang apa yang harus dikhotbahkan. Tapi dengan menjaga moderasi, menjaga jalan tengah, maka akan baik” katanya.

Terkait dengan ceramah yang disampaikan berisi kritikan, menurut JK hal tersebut tidak menjadi soal. Namun begitu, ia berharap dalam kritik tersebut tidak berisi hal negatif atau dengan cara memprovokasi orang.

“Ini sangat penting. Dan itu sekali lagi pimpinan daerah tentu harus bermusyawarah ke bawah, karena kita tidak punya sistem menginstruksikan. Kenapa ? karena pola masjid kita beda dengan Brunei, Malaysia, Timur Tengah, Kuwait, Saudi dan macam-macam. Pola kita adalah komunitas masyarakat” ungkap JK. (**)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.