Majalah Salam Indonesia

Ini Pentingnya Berhijrah selain perbanyak Amal dan Ibadah di Bulan Ramadan

162

SALAM-INDONESIA.com- DI BULAN Ramadan ini semua umat Muslim diajak untuk lebih sering berbuat amal kebaikan dan perbanyak ibadah. Konon di bulan penuh berkah ini pahalanya menjadi lebih besar. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah berhijrah.

Hijrah memiliki arti berpindah atau berubah. Untuk melakukannya tidak hanya sebatas dari segi penampilan, akan tetapi juga dalam perbuatan.

“Awal kata berhijrah itu mulai dikenal saat Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah. Sekarang hijrah tidak hanya sekadar berpindah dari segi fisik, tapi dari yang belum baik menjadi baik atau mungkin dari yang tadinya banyak bandelnya sekarang jadi lebih baik,” terang Ustadzah Hj. Syifa Fauzia, M.Art di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut Ustadzah Syifa menjelaskan bila kata hijrah banyak digunakan atau diartikan sebagai proses insyaf seseorang dalam hal keimanan.

“Contoh, dari yang tadinya belum berkerudung menjadi berkerudung. Dari yang belum memgetahui makna keimanan sekarang lebih mendalami,” imbuhnya.

Bentuk hijrah bisa bermacam-macam. Akan tetapi, menurut ustadzah yang juga Ketua Umum Badan Kontak Majelis Taklim ini, bentuk hijrah yang paling benar adalah merasakan suatu komitmen dalam diri, dari yang belum baik menjadi lebih baik atau sudah baik menjadi lebih baik lagi. Selain itu, berhijrah juga menjadi lebih baik bila dilakukan pada saat bulan Ramadan. (put)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.