Majalah Salam Indonesia

Horee..Pengamen Surabaya Dapat Upah Rp 2 Juta

779

SALAM-INDONESIA.com- IDE YANG dilakukan Walikota Surabaya ini membuat banyak orang menggelengkan kepala. Pasalnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau akrab di sapa Risma ini mengaku memberikan upah kelompok pengamen di Surabaya, Jawa Timur sebesar Rp 2 juta setiap kali pertunjukan mengamen.

Risma menuturkan jika apa yang ia lakukan merupakan salah satu upayanya menertibkan kota tersebut. “Upah kepada kelompok pengamen sebesar Rp 2 juta tersebut merupakan imbalan, karena saya memberlakukan larangan ke pengamen memungut uang dari masyarakat,” katanya.

Risma melanjutkan, mereka yang mengamen ditaruh di taman atau di sentra kawasan tertentu serta mendapatkan Rp 2 juta sekali mengamen. “Saya anggap dia profesional, makanya kami beri gaji (upah),‎" kata Risma dalam diskusi yang dilakukan di kawasan bisnis Sudirman, Jakarta.

Pemberian upah kepada pengamen di Surabaya dilatarbelakangi upaya Pemerintah Kota Surabaya membuat Ibu Kota Jawa Timur tersebut nyaman. Salah satunya dengan menertibkan pengamen dan melakukan pembinaan dengan memberikan bekal keterampilan agar memiliki pekerjaan yang layak.

“Saya ada program enggak boleh ngamen, saya tangkap kalau Ngamen” tegas Risma.

Namun menurut Risman, tidak semua pengamen di Surabaya mau meninggalkan profesinya. Dia pun tetap memberikan kesempatan bisa tetap mengamen dengan syarat melarang meminta uang kepada masyarakat.

“Jadi dia (pengamen) kami tawarkan pekerjaan ‎lain, jadi desainer enggak mau, pengamen ini tidak boleh minta (uang kepada masyarakat) kalau ketahuan minta kita diskualifikasi” tutur Risma. (**)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.