Majalah Salam Indonesia

Hilangkan kebiasaan Minum Kopi saat Perut Kosong! Ini bahayanya!

143

SALAM-INDPONESIA.com – BIASANYA DI pagi hari, banyak orang yang melakukan aktifitas sarapan sambil ditemani secangkir kopi hangat. Beberapa orang bahkan tidak sarapan dan hanya menyeruput secangkir Kopi sebelum mereka keluar rumah.  Tapi, kalian mungkin akan terkejut ketika mengetahui bahwa minum kopi saat perut kosong di pagi hari adalah ide yang buruk.

Akibat dari minum kopi saat perut kosong bisa berdampak negatif pada sistem pencernaan, sehingga memicu produksi asam lambung terlalu berlebihan. Hal ini pada akhirnya bisa merusak lapisan perut, menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan lain.

Minum kopi saat perut kosong juga dapat menimbulkan efek samping lainnya. Menurut Dr Adam Simon, minum kopi saat perut kosong dapat menimbulkan efek samping kegugupan, perubahan mood, gejala kegelisahan, meningkatkan detak jantung, mudah tersinggung dan sulit fokus.

Selain itu, rupanya minum secangkir kopi panas saat perut kosong juga mengganggu ritme sirkadian Anda. Secara sederhana, jam internal mengeluarkan hormon yang disebut kortisol saat Anda bangun tidur.

“Kortisol adalah hal yang membuat Anda merasa waspada dan berenergi. Jadi, ya, ada permulaan kecanduaan atau ketergantungan,” kata Adam Simon yang dikutip Mirror, Senin (13/11/2017).

Penelitian menunjukkan, kopi menurunkan kadar kortisol Anda, laporan Business Insider. Bagi beberapa orang, kopi bahkan bisa membuat Anda merasa lebih mengantuk.

Semua ini tidak berlaku untuk semua orang. Banyak orang minum kopi awalnya merasa baik-baik saja. Tapi, ada banyak orang yang justru menderita, meski hanya memoderasi kebiasaan minum kopi saat perut kosong. Jika kalian mempunyai kebiasaan seperti di atas, maka sebaiknya menghilangkan kebiasaan tersebut.

Jika kalian adalah penggemar kopi, Waktu terbaik meminum kopi sebaiknya di lakukan saat setelah sarapan, atau saat perut sudah dalam keadaan terisi. (PUT)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.