Majalah Salam Indonesia

China Mendominasi Pasar Ekspor Busana Muslimah Dunia

171

SALAM-INDONESIA.com- INDONESIA BANYAK dikenal sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Namun justru China yang lebih banyak menguasai pasar ekspor busana muslimah di dunia.

Fakta ini menjadi perhatian serius pemeintah Indonesia Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro, penting bagi Indonesia untuk meningkatkan sektor riil syariah. Sebab, Indonesia punya potensi besar dalam hal ekonomi syariah.

“Namun yang mengejutkan, justru negara pengekspor busana muslim terbesar di dunia adalah China. Indonesia sendiri tidak masuk ke dalam kategori lima besar,” ujar Bambang di Kompleks Istana Presiden, Jakarta.

Dikatakan Bambang, seharusnya Indonesia dapat mendorongekspor di sektor produk halal dan syariah. Karena itu, untuk mengejar ketertinggalan, pemerintah akan segera membuat peta jalan pengembangan sektor riil industri manufaktur halal. Untuk memacu industri halal tersebut, pemerintah juga akan segera membahas  aturan lanjutan UU tentang JaminanProduk Halal.

“Tapi tetap memberikan kepastian di bidang usaha, tidak memberatkan mereka di operasional” imbuhnya. Bambang juga menilai saat ini perlu adanya bank syariah dengan skala yang lebih besar. Karena bank syariah yang ada saat ini masih berskala kecil.

“Kita berupaya akan adanya bank syariah yang besar yang basis utamanya dari BUMN” ujarnya.  (**)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.