Majalah Salam Indonesia

Bawang Unik, Saat dipotong tidak Membuat Air Mata Keluar!

171

SALAM-INDONESIA.com- BEBERAPA ORANG yang tidak terbiasa akan mengeluarkan air mata saat memotong bawang. Hal itu dikarenakan bawang mengandung senyawa volatil yang berubah menjadi asam sulfat saat dipecah atau dipotong. Asam sulfat itulah yang membuat air keluar karena saraf mata hendak melindungi mata dari iritasi.

Air mata yang keluar saat memotong bawang mungkin membuat beberapa orang merasa tidak nyaman sehingga tidak ingin melakukannya kembali. Beruntung kini telah ditemukan varian baru bawang yang bisa menurunkan kemungkinan seseorang menangis saat memotongnya yaitu sunions. Melansir Huffpost, Rabu (10/1/2018), sunions adalah jenis bawang tanpa sari dan bawang manis pertama yang tumbuh di Amerika Serikat.

Menurut perusahaan yang mengembangkannya, Bayer, bawang itu memiliki perbedaan dengan bawang pada umumnya. Bila pada bawang lain kandungan volatil meningkat saat disimpan dalam jangka panjang, kandungan volatil pada sunions malah berkurang. Hal itu membuat bawang tersebut kehilangan gas yang dapat memicu terjadinya air mata.

Adanya perbedaan kandungan senyawa pada sunions dengan bawang lainnya tidak begitu memengaruhi cita rasanya. Sunions menghasilkan rasa yang sama seperti bawang lainnya sehingga masih bisa digunakan sebagai bumbu masakan.

Melihat fakta di atas, bukan tidak mungkin bila bawang ini menjadi incaran orang-orang yang tak ingin menangis ketika memotongnya. Hal itu pun telah dipersiapkan oleh perusahaan pengembang. Mereka memastikan bawang akan segera ada di pasaran dan tidak habis dalam waktu singkat. Pasalnya bawang sudah melewati uji tes laboratium menggunakan paparan sinar matahari.  (PUT)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.