Majalah Salam Indonesia

Bakal ada Jakarta Loop Line, pembangunnnya di Atas Jalur Kereta Eksisting!

113

SALAM-INDONESIA.comPT ADHI KARYA (Persero) Tbk sedang melakukan kajian awal proyek pembangunan kereta layang di Jakarta atau Jakarta loop line. Lintasannya akan berada di atas jalur eksisting KRL Jabodetabek. Lantas, apakah operasional kereta di bawahnya nanti akan terganggu?

Direktur Operasi II Adhi Karya Pundjung Setya Brata menyatakan, pihaknya pun sedang memikirkan agar pembangunan loop line tidak mengganggu beroperasinya KRL Jabodetabek.

“Ini supaya tidak mengganggu operation kereta yang ada di bawahnya itu nanti akan menjadi isu yang menurut saya paling besar,” katanya

Adhi Karya sendiri adalah bagian dari konsorsium yang terdiri dari 3 badan usaha yang menginisiasi dibangunnya proyek tersebut. Konsorsium terdiri dari Adhi Karya, Wijaya Karya, dan Jaya Konstruksi. Pihaknya akan mencari cara agar aktivitas kereta di jalur eksisting tetap normal.

“Tentunya nanti dengan metode konstruksi ya. Kalau lihat (lintasan LRT) yang di Kuningan atau Cibubur itu kan kita gunakan banyak metode-metode kerja untuk tidak ganggu aktivitas di bawahnya. Misalnya dengan launching girder, dengan precast system,” jelasnya.

Dengan metode tersebut bisa meminimalkan gangguan yang dialami aktivitas di bawah area konstruksi, dalam hal ini lintasan KRL Jabodetabek. Dia menambahkan, adanya transportasi massal loop line sudah menjadi kebutuhan mendesak. Pasalnya ketersediaan layanan moda transportasi umum di Indonesia masih dianggap kurang. (put)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.