Majalah Salam Indonesia

Ayo lakukan beberapa Hal Kecil ini untuk Mengurangi Sampah Plastik!

187

SALAM-INDONESIA.com- DI KESEHARIAN, benda berbahan dasar Plastik tidak pernah terlepas dari kehidupan manusia. Mulai dari penggunaan plastik pada bungkus makanan, botol minuman, botol sampo dan lain sebagainya. Walaupun sebenarnya Penggunaan plastik secara berlebihan akan memberikan dampak buruk untuk lingkungan dan kelangsungan hidup ekosistem. 

Tak pernah berhenti, Berbagai usahapun telah dilakukan seperti recycle atau daur ulang untuk menanggulangi sampah plastik, namun hal tersebut nampaknya belum berhasil sepenuhnya. sebagaimana dilansir Metro, Untuk mengurangi banyaknya sampah plastik, beberapa beberapa hal ini bisa jadi solusinya:

Gunakan kantong plastik yang sama, Ketika Anda berbelanja simpanlah kantong plastik tersebut agar dapat Anda gunakan kembali saat berbelanja berikutnya.

Batasi penggunan botol minuman, Jika Anda beraktivitas diluar ruangan sebaiknya bawa minuman sendiri dari rumah. Hal tersebut dapat mengurangi penggunaan botol plastik dan juga dapat menghemat kantong Anda untuk lebih hemat.

Bawa cup dan gelas sendiri, Jika Anda membeli minuman dan warung kopi atau teh biasanya Anda akan diberikan cup yang berbahan plastik. Nah, daripada Anda menggunakan tempat plastik tersebut lebih baik Anda menggunakan cup sendiri.

Gunakan korek api kayu, Penggunaan korek api kayu lebih efektf dibandingkan dengan korek gas. Sebab, korek gas terbuat dari plastik yang sulit untuk diurai.

Hindari makan permen karet, Di dalam permen karet juga terkandung material plastik yang sangat sulit untuk didaur ulang, jadi sebaiknya kurangi makan permen karet agar lingkungan tetap terjaga dan bersih.

Sudah sepatutnya juga kita menjaga bumi tempat kita tinggal ini dengan lebih memperhatikan lagi kebersihan di lingkungan kita, banyaknya sampah plastik di sekitar kita tentu akan mengganggu aktivitas bukan?

Maka dari itu, sebaiknya kita sudah memulai untuk memikirkan bagaimana caranya agar kita mengurangi penggunaan plastik. Mungkin cara di atas bisa menjadi inspirasi untuk segera dilakukan. (put)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.