Majalah Salam Indonesia

Angka Kemiskinan di Indonesia Alami Penurunan

144

SALAM-INDONESIA.com- BADAN PUSAT STATISTIK (BPS) dalam laporannya diawal tahun 2018 mencatat penurunan presentase kemiskinan sebesar 0,7 persen atau 0,52 poin dari 10,64 persen menjadi 10,12 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Laporan tersebut juga dibenarkan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), bahkan disebutkan pencapaian tersebut menjadi modal awal untuk menekan kemiskinan untuk level single digit atau di bawah 10 persen.

“Saya pikir angka kemarin 10,12 persen yang dirilis BPS per September adalah modal awal yang bagus untuk kita bisa mencapai tingkat kemiskinan single digit” kata Menteri PPN/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di Jakarta.

Dirinya menambahkan, pemerintah menargerkan angka kemiskinan pada 2018 sebesar 9,5 hingga 10 persen. Namun dengan pencapaian pada September, Bambang optimistis angka kemiskinan bisa lebih rendah dari yang ditargetkan.

“Karena waktu itu kita menggunakan outlook tahun 2017 itu 10,4 persen. Jadi dengan capaian 10,12 persen itu kan lebih rendah. Ini momentum bagus untuk mencapai target tapi kalau kita tidak hati-hati ya kita khawatir nanti Maret naik lagi” jelas dia.

Meski begitu, Bambang mengaku masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah. Untuk itu, dirinya ingin memastikan jika seluruh bantuan pemerintah bisa disalurkan kepada mereka yang benar-benar berhak.

“Pasti semua macam bantuan tepat sasaran terutama terkait rastra itu harus betul betul tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat jumlah. Jadi semakin kita bisa memperbaiki tepat sasaran tadi, dari semua bantuan pemerintah kepada masyarakat, itu akan mempercepat penurunan laju kemiskinan” pungkasnya. (**)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.