Majalah Salam Indonesia

Agar mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

124

SALAM-INDONESIA.com-  KESELAMATAN MENJADI hal pokok yang sangat dibutuhkan manusia, baik di dunia maupun di akhirat nanti, terutama saat hari kiamat. Karena saat hari tersebut datang, tidak ada bagi kita untuk meminta pertolongan kepada sesama, saudara, ataupun keluarga. Namun ada satu amalan yang mampu memberikan syafaat bagi kita, Amalan apakah tersebut?

Dialah yang bershalawat kepadamu (wahai manusia) dan malaikat-Nya (dengan memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman” (QS al-Ahzaab:43)

Berdasarkan hadits, amalan yang dimaksud adalah kita senantiasa bersholawat atas Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam, yang mana dengan kita bersholawat maka Rasulullah senantiasa akan memberikan syafaat di hari kiamat kelak, sebagaimana yang tercantum dalam hadits, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku, maka aku akan memberinya syafaat pada hari kiamat.” (Hadits riwayat Ibnu Syahiin dalam at-Targhib dan Ibnu Basykawal).:

“Manusia bakhil adalah orang yang disebut namaku di sisinya, tetapi tidak membaca shalawat kepadaku.” (Dikeluarkan Imam at-Tirmidzi dan beliau berkata bahwa hadits hasan shahih. Dan juga dikeluarkan Imam Nasa’i, Ibnu Hibban dal al-Hakim).

Namun meskipun demikian, Rasulullah menganjurkan pula untuk tidak terlalu berlebihan dalam memuji beliau, dikarenakan setan sangat ingin membujuk manusia untuk melakukan hal-hal yang berlebihan. Dalam suatu hadits Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Dan sungguh masih banyak lagi keutamaan dalam bersholawat atas Rasulullah. Semoga sholawat serta salam senantiasa selalu tercurahkan kepada Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam, yang kelak syafaatnya mampu menolong kita di yaumul qiyamah. (PUT)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.