Majalah Salam Indonesia

Ada 4 Planet Berjajar, LAPAN: Ayo Matikan Lampu Malam Ini

106

SALAM-INDONESIA.comBELUM LAMA ini kita menikmati gerhana bulan total terlama  abad 21 pada akhir Juli lalu. Kini, ajakan untuk menikmati pemandangan sederet benda antariksa di malam gelap pun kembali digemakan.

Imbauan ini disampaikan untuk menyambut Hari Keantariksaan melalui aksi ‘Malam Langit Gelap’ yang jatuh di hari Senin ini (6/8/2018).

LAPAN Adalah Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, guna meminimalisi polusi cahaya, LAPAN mengajak masyarakat Indonesia pada hari ini mematikan lampu sejak pukul 20.00-21.00 waktu setempat.

Dengan demikian, masyarakat akan menikmati kegelapan malam yang dihiasi hamparan benda antariksa berpijar di langit.

LAPAN menyebutkan bahwa galaksi Bimasakti yang membentang luas di atas kepala, empat planet yang berjajar dari Barat ke Timur (Venus, Jupiter, Saturnus, dan Mars), beberapa rasi bintang terkenal (Scorpio – Kalajengking, Cygnus – Angsa, dan Crux – Salib Selatan), Segi Tiga Musim Panas (Vega – Altair – Deneb), serta beberapa hujan meteor dapat disaksikan.

“Kita kampanyekan ‘Malam Langit Gelap’ untuk membangun kesadaran publik perlunya menjaga keindahan langit dengan mengurangi polusi cahaya,” ujar LAPAN.

Aksi ini, kata LAPAN, sekaligus menjadi gerakan nasional berhemat energi. Malam Langit Gelap diperingati setiap tanggal 6 Agustus sebagai momentum sejarah diperingatinya hari lahirnya Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. (put)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.